Pages

Friday, August 21, 2015

Nama Jalan di Luar Negeri dengan Nama Pahlawan Kita

Nama jalan di Indonesia dengan nama pahlawan Indonesia sudah biasa. Bagaimana jika sampai mancanegara? Itu baru luar biasa. Ini dia beberapa nama jalan di luar negeri yang menggunakan nama pahlawan kita:


1. RUE SOEKARNO  DI RABAT, MAROKO









Jalan ini diresmikan pada tanggal 2 Mei 1960 oleh presiden Soekarno sendiri Jalan yang awalnya bernama Sharia Al-Rais Ahmed Soekarno ini kini lebih dikenal dengan nama Rue Soekarno. Penamaan itu adalah salah satu bentuk penghargaan yang diberikan Raja Muhammad V atas jasa Ir. Soekarno pada Maroko.





2. MOHAMMED HATTA STRAAT DI HARLEEM, BELANDA
Bung Hatta tercatat pernah menimba ilmu di negeri kincir angin. Sebagai tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia yang pernah belajar di Belanda, maka pemerintah Belanda melalui walikota RH Claudius mengabadikan namanya sebagai nama jalan di Harleem Belanda.


3. R A KARTINISTRAAT DI AMSTERDAM, BELANDA




Di kawasan Amsterdam Zuidoost atau yang dikenal dengan sebutan Bijlmer terdapat papan nama jalan bertuliskan Raden Ajeng Kartini Straat. Selain di tempat tersebut nama jalan Kartini juga bisa ditemukan di Harleem dan Utrech. Nama R A Kartini dipakai untuk menghormati perjuangan beliau karena telah membela hak-hak perempuan.


4. SJAHRIRSTRAAT DI LEIDEN, BELANDA

Mantan Perdana Menteri Indonesia ini terkenal dekat dengan aktivis politik di Leiden. Hal ini dikarenakan ia pernah belajar di Belanda.  Sutan Sjahrir pernah belajar di Fakultas Hukum Universitas Amsterdam lalu pindah ke Leiden School Of Indology. Dari sini ia memperluas pergaulannya jadi akhirnya nama beliau diabadikan menjadi nama sebuah jalan di kota Leiden.


5. IRAWAN SOEJONOSTRAAT DI AMSTERDAM, BELANDA

Irawan merupakan anak dari Raden Ario Adipati Soejono, salah satu menteri pertama Indonesia. Bagi orang Belanda, Irawan adalah pemuda Indonesia yang gagah berani. Irawan terbunuh pasukan SS Nazi Jerman yang ketika itu sedang menguasai Belanda. Sekarang namanya diabadikan sebagai nama jalan di kota Amsterdam.


6. AHMED SOKARNO ST DI MESIR

Pemberian nama ini menunjukkan suatu hubungan harmonis RI dengan Mesir. Mesir juga salah satu negara yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia.Nama Ahmed diberikan karena bung Karno dikenal dengan nama Ahmad Soekarno di Mesir. Nama tersebut diberikan oleh Gammal Abdul Nasser sebagai pemimpin waktu itu. Dipilihnya nama Soekarno untuk nama jalan karena pada tahun 1955 Sukarno berjasa sebagai pencetus Konferensi Asia Afrika (KAA).


7. MUNIRSTRAAT DI DEN HAAG, BELANDA











Munir adalah tokoh perjuangan HAM yang mati terbunuh di dalam pesawat saat menuju Belanda.  Dalam jasad Munir ketika itu terdapat racun arsenik yang membunuh Munir. Pemberian nama Munir sebagai nama jalan ini didasarkan atas jasanya memperjuangkan Hak Asasi Manusia di Indonesia.


sumber:

http://www.liveberita.com/2015/03/pahlawan-indo-nama-jl-luar-negeri.html
sumber:

0 komentar:

Post a Comment