Pages

Tuesday, March 31, 2015

Peninggalan Kerajaan Samudera Pasai dan Aceh

Samudera Pasai
1.     Dirham merupakan alat pembayaran dari emas tertua di Asia Tenggara. Mata uang ini digunakan Samuedera Pasai sebagai alat pembayaran pada masa Sultan Muhammad Malik Al-Zahir.





2.     Cakra Donya hadiah yang diberikan Kaisar Cina kepada Sultan Samudera Pasai. Hadiah berupa bel itu terbuat dari besi dan diproduksi pada tahun 1409 M.

3.     Makam Malik Al-Saleh terletak di Desa Beuringin, Kecamatan Samudera, sekitar 17 km sebelah timur Lhokseumawe. Nisan makam sang sultan ditulisi huruf Arab.


4.     Makam Sultan Muhammad Malik Al- Zahir terletak bersebelahan dengan makam Malik Al-Saleh, tertulis kalimat; Ini adalah makam yang dimuliakan Sultan Malik Al-Zahir, cahaya dunia dan agama. 







Aceh
1.     Gambar Benteng Indrapatra, Benteng peninggalan Kerajaan Aceh saat melawan Portugis



2.      Makan Raja Aceh; Sultan Iskandar Muda


3.      Masjid Baiturrahman  merupakan salah satu masjid termegah di Asia Tenggara. Masjid ini dahulunya merupakan masjid Kesultanan Aceh. Masjid ini berada di pusat kota Banda Aceh yang bersebelahan dengan pasar tradisional Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam, dibangun pada masa Sultan Iskandar Muda.


4.     Gunongan dibangun pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda. permintaan permaisurinya untuk membangun sebuah taman sari yang sangat indah, lengkap dengan Gunongan sebagai tempat untuk menghibur diri agar kerinduan sang permaisuri pada suasana pegunungan di tempat asalnya terpenuhi. 


Cakra Donya adalah lonceng yang berupa mahkota besi berbentuk stupa buatan Cina 1


6.  Uang Logam Emas Kerajaan Aceh Darussalam (Dirham)



sources :
insulinda.wordpress.com  
muhammadrizkytok.blogspot.com 
atjehpusaka.blogspot.com








0 komentar:

Post a Comment