Pages

Tuesday, January 20, 2015

ZAMAN LOGAM

    Pada zaman ini, manusia membuat alat-alat yang terbuat dari logam. Zaman logam dibedakan menjadi 3, yaitu:
1.    Zaman perunggu
2.    Zaman tembaga
3.    Zaman besi
                                                                
1.  ZAMAN PERUNGGU
       Peninggalan-peninggalan pada zaman ini terbuat dari perunggu (campuran antara tembaga dan timah) dan sudah halus dan indah. Alat-alat pada zaman ini antara lain:

  1. Nekara Perunggu  :Nekara bentuknya semacam genderang (seperti dandang tertelungkup),     berpinggang pada bgian tengahnya, dan bagian atasnya tertutup. Bagi masyarakat praaksara,                nekara    dianggap sesuatu yang suci.
  2. Bejana Perunggu :Bejana perunggu bentuknya seperti periuk, tetapi langsing dan gepeng. 
  3. Arca Perunggu :Secara umum arca perunggu bentuknya kecil-kecil dan dilengkapi cincin pada bagian atasnya. Fungsi dari cincin tersebut sebagai alat untuk menggantungkan arca itu.
  4. Kapak Corong :Bentuk dari kapak corong bagian tajamnya tidak jauh berbeda dengan kapak   batu, hanya bagian tangkainya yang berbentuk corong. Fungsi dari kapak corong sebagai alat     pertanian dan membelah kayu. 
  5. Perhiasan Perunggu :Jenis perhiasan dari perunggu yang ditemukan berupa kalung, gelang      tangan, gelang kaki, bandul kalung, cincin, dan sebagianya.
  6. Manik-manik :Penemuan manik-manik yang berasal dari zaman perunggu sebagian besar sebagai bekal kubur. Manik-manik dipakai sebagai perhiasan, alat tukar, dan alat upacara.                                       


2. ZAMAN TEMBAGA
       Beberapa sumber menyebutkan bahwa Indonesia tidak mengalami zaman tembaga. Hal ini dibuktikan dengan belum ditemukannya peninggalan-peninggalan benda tembaga purba di Indonesia. Zaman tembaga berkembang di luar wilayah Indonesia seperti di Semenanjung Malaka, Kamboja, Muangthai, dan Vietnam.

3.  ZAMAN BESI
           Pada zaman ini, penggunaan biji besi buat pembuatan alat-alat produksi dan senjata mulai marak dilakukan oleh masyarakat. Peninggalan pada zaman ini memang dinilai sedikit sekali dibandingkan zaman-zaman sebelumnya. Kerusakan sebab dimakan waktu merupakan kelemahan dari besi tersebut. Alat-alat yang dibuat antara lain:

  1. Mata panah : sebagai alat berburu.
  2. Perhiasan
  3. Mata pisau : digunakan sebagai pertahanan diri dari binatang buas , alat         mengumpulkan makanan, alat membuat loka perlindungan.
  4. Mata sabit : alat pertanian
  5. Mata pedang
  6. Perisai perunggu


                                
Sources:


0 komentar:

Post a Comment