Pages

Tuesday, March 31, 2015

Peninggalan Kerajaan Mataram Islam

1.     Sastra Ghending karya Sultan Agung



2.     Kerajinan Perak ,perak Kotagede sangat terkenal hingga ke mancanegara, kerajinan ini warisan dari orang-orang Kalang.



3.     Kalang Obong ,upacara tradisional kematian orang Kalang, upacara ini seperti Ngaben di Bali, tetapi upacara Kalang Obong ini bukan mayatnya yg dibakar melainkan pakaian dan barang-barang peninggalannya



4.     Kue Kipo, makanan tradisional ini sangat khas dan hanya ada di Kotagede, terbuat dari kelapa, tepung, dan gula merah.



5.     Pertapaan Kembang Lampir, Kembang Lampir merupakan petilasan Ki Ageng Pemanahan yang terletak di Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Tempat ini merupakan pertapaan Ki Ageng Pemanahan ketika mencari wahyu karaton Mataram.



6.     Segara Wana dan Syuh Brata, adalah meriam-meriam yang sangat indah yang diberikan oleh J.P. Coen (pihak Belanda) atas perjanjiannya dengan Sultan Agung. Sekarang meriam itu diletakkan di depan keraton Surakarta dan merupakan meriam yang paling indah di nusantara



7.     Masjid Agung Negara, dibangun oleh PB III tahun 1763 dan selesai pada tahun 1768.


8.     Masjid Jami Pakuncen, berdiri di Tegal Arum, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, merupakan salah bangunan peninggalan Islam yang dibuat Sunan Amangkurat I sebagai salah satu tempat penting untuk penyebaran Islam kala itu.



9.     Gerbang Makam Kota Gede, adalah perpaduan unsur bangunan Hindu dan Islam.


10.  Masjid Makam Kota Gede, masjid di komplek makam Kotagede yang bangunannya bercorak Jawa.

11.  Bangsal Duda




12.  Rumah Kalang


source: 

0 komentar:

Post a Comment