Pages

Wednesday, May 31, 2017

Kenali Diri Sendiri, Kejar Mimpi dengan Pasti


A     : “Ah nanti kuliah pokoknya mau ngambil arsitektur, kan gue seneng gambar”
B     : “Kuliahnya mau kedokteran sih… soalnya suka Biologi hehe”
Saya: “….” (dalam hati: ‘Kok orang-orang udah pada nentuin jurusan sih.. gue mau apa?’)

Mungkin itulah yang pernah (atau sering?) dirasakan anak-anak SMA, termasuk saya. Iya gak, sih? Anak-anak SMA memang dituntut untuk menentukan pilihan terkait dengan masa depan mereka. Namun anak-anak SMA seringkali bingung untuk menentukan pilihannya, terutama terkait dengan jurusan kuliah, karena mungkin saja mereka belum benar-benar mengenali diri mereka sendiri. Kalaupun ada anak yang sudah terlihat mantap memilih suatu jurusan dan seakan-akan sudah bisa membayangkan masa depannya, masih diperlukan bimbingan dan eksplorasi yang lebih jauh terhadap dirinya sendiri. Saya pernah membaca dari suatu artikel bahwa alangkah tidak bijak jika memilih jurusan kuliah hanya berdasarkan pelajaran yang disukai tanpa mengetahui minat dan bakat diri sendiri. Berdasarkan fenomena di sekolah saya, pilihan jurusan kuliah seseorang itu terkadang berubah-ubah. Ada anak yang dari kelas 10 terlihat sangat berminat memasuki jurusan X, tetapi saat pendaftaran SBMPTN pilihannya berubah. Adapula yang terlihat sangat anti dengan jurusan Y, tetapi saat pendaftaran SBMPTN malah memilih jurusan Y. Hmmmm, remaja memang labil.
Katanya sih, masa remaja itu adalah masa pencarian jati diri. Maka, tidak heran kalau remaja suka mencoba hal-hal baru. Tapi ingat yaa, hal-hal yang dicoba-coba itu harus hal yang positif. Lewat hal-hal baru tersebut, remaja bisa mulai mengenali dirinya. Selain itu, mengenali diri sendiri juga bisa dilakukan lewat tes psikologi atau tes kepribadian. Sebagai (mantan) murid SMA, saya pernah mengikuti beberapa tes psikologi, baik yang diadakan oleh sekolah maupun mencoba-coba di internet. Biasanya sih, tes yang diadakan sekolah bekerja sama dengan suatu lembaga psikologi. Murid-murid akan diminta untuk mengerjakan berbagai set soal yang cukup banyak. Pengerjaannya membutuhkan waktu yang cukup lama dan hasil yang diperoleh baru didapatkan beberapa minggu kemudian. Tes-tes yang tersebar di internet memang seru untuk dicoba-coba, tetapi hasil yang didapatkan kurang lengkap sehingga terkadang saya merasa kurang puas. So, let me introduce you a brand new way to explore yourself: Youthmanual!
Apa itu Youthmanual? Youthmanual adalah sebuah situs yang sangat bagus untuk para remaja agar dapat mengenali dirinya sendiri. You will discover many things here! Pada tahun 2016, saya mengetahui Youthmanual secara tidak sengaja. Saya dikirimkan sebuah link oleh teman saya dan saya diajak untuk mencobanya. Berhubung sedang libur kenaikan kelas 12, untuk mengisi waktu, saya pun mencoba-coba tes kepribadian di Youthmanual. Hasilnya pun cukup memuaskan diri saya.
Baru-baru ini, Youthmanual melakukan inovasi dengan Youthmanual Premium paket Explorer. Saya pun mencoba-coba berbagai fitur yang ditawarkan. Sesuai dengan namanya, Explorer, saya merasa seperti Dora the Explorer menjelajahi diri sendiri! I discovered more things about myself here and I feel satisfied with the result. Youthmanual Explorer memang agak berbeda dengan tes psikologi biasa. Tampilannya menarik sehingga kamu tidak akan merasa bosan. Di sini kamu akan mendapatkan ‘peta perjalanan’ berupa modul-modul yang harus diselesaikan. Panduan dari setiap modul pun cukup jelas dan mudah dimengerti. Beberapa tes psikologi terkadang menggunakan bahasa yang sulit dipahami orang awam, sehingga membuat pembacanya bingung untuk menjawab soalnya. Namun di Youthmanual kamu tidak akan bingung karena penggunaan bahasanya yang tidak terlalu sulit dan cara menjawabnya pun mudah. Ditambah lagi, terdapat perkiraan waktu dari setiap modulnya sehingga kamu bisa mempersiapkan diri. Tes psikologi ini tidak harus dikerjakan dalam satu waktu, lho. Kamu pun bisa lebih fleksibel dalam mengerjakannya dan tidak merasa terbebani untuk mengerjakan banyak soal sekaligus. Kamu tidak perlu menunggu hasil tesnya  karena hasil tes akan langsung keluar *thanks to the technology*.



Lalu, ada fitur apa saja di Youthmanual Explorer? Let’s chek it out!
1.  Pengenalan Diri. Di sini kamu diminta untuk mengisi data diri kamu seperti nama, tanggal lahir, asal sekolah, dan lain-lain.
2.   Modul Kepribadian. Di sini kamu akan mengikuti tes kepribadian. Tes kepribadiannya adalah semacam tes MBTI (Myers-Birggs Type Indicator) yang menentukan kepribadianmu dari 16 kepribadian yang ada. Jawab apa adanya yaaa agar hasilnya sesuai. Setelah mengikuti tes, kamu akan mendapatkan berbagai penjelasan mengenai kepribadian kamu. Berikut ini adalah contoh  tampilan hasil tes kepribadian saya. Pada Youthmanual Explorer, kamu akan mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap mengenai kepribadianmu.

Dulu (atas) dan sekarang (bawah)

3. Modul Minat. Di sini kamu akan menjawab soal-soal untuk menelusuri minat kamu. Mana hal-hal yang kamu sukai, mana hal-hal yang menurutmu kamu bisa melakukannya, dan sebagainya.
4. Modul Kemampuan. Nah, ini dia yang paling seru! Di sini kamu akan mengerjakan soal-soal semacam tes potensi akademik. Namun tipe soal yang ada unik-unik, menantang, dan jarang dijumpai di tes potensi akademik biasanya. FYI, modul ini adalah tes yang memerlukan waktu paling lama. Jadi siap-siap yaaa *evil laugh*.
5. Personal Values. Di sini kita akan mengetahui nilai-nilai kehidupan apa yang kamu anggap penting. Contohnya, hasil tes saya adalah self-direction (kemandirian), benevolence (orang-orang terdekat adalah hal yang penting), dan universalism (kepedulian).
6. Keterampilan 21st century.
7. Eksplorasi Profesi. Setelah mengikuti berbagai macam tes, kamu pun bisa mencari tahu profesi-profesi apa yang kamu minati. Profesi ini pun akan dicocokkan dengan hasil berbagai macam tes tersebut. Profesi yang dapat dieksplorasi pun SANGAT BANYAK, penjelasannya cukup detail, dan bukan hanya profesi-profesi yang selama ini umumnya kita dengar. Misalnya dokter, profesi yang dapat ditampilkan bukan hanya ‘dokter’ saja, tetapi ada dokter umum, dokter anak, dokter naturopati, dokter pengobatan nuklir, dokter pengobatan preventif, dokter pengobatan olahraga, dan banyak lagi. Pokoknya curiosity kamu akan terpuaskan, dan pikiran serta wawasanmu akan lebih terbuka.
Penjelasan yang super lengkap!

8. Eksplorasi Jurusan.  Setelah ‘terpacu’ dengan profesi yang diminati, kamu bisa cari tahu lebih lanjut tentang jurusan-jurusan kuliahnya. Saat eksplorasi jurusan sebenarnya akan diberitahu jurusan kuliah apa yang terkait dengan profesi yang sedang kita cari dan hal tersebut pun sangat membantu.
9. Eksplorasi Kampus. Di sini kamu bisa cari tahu informasi mengenai kampus idamanmu. Penjelasannya cukup lengkap dan disertai review mahasiswa atau alumninya. Kamu juga bisa membandingkan antara dua kampus yang ingin kamu cari tahu.
10.Tanya Youthmanual
Oh iya, ada tambahan tes juga untuk mengetahui gaya belajar kamu. Tinggal klik ikon peti harta karun dan kamu pun akan mengetahui gaya belajar seperti apa yang pas untukmu.
Setelah ‘perjalananmu’ selesai, kamu akan mendapatkan final report berupa rangkuman seluruh hasil tesmu. Final report ini bisa menjadi salah satu pedoman untuk menentukan langkah apa yang harus kamu ambil selanjutnya untuk mengejar mimpimu.
Menurut saya, tingkat keakuratan tes di Youthmanual Explorer bisa mencapai 90% apabila diisi dengan sebenar-benarnya. Saya sendiri merasa terlambat mengetahui ada situs yang sekeren ini untuk bisa mengenali diri. Saya baru saja lulus SMA dan sedang menunggu pengumuman SBMPTN dan ujian mandiri lainnya. Ada beberapa jurusan yang direkomendasikan Youthmanual untuk saya, karena katanya saya berbakat di bidang tersebut, namun saya kurang meminatinya. Padahal jika saya tahu lebih awal, mungkin saja saya bisa mengembangkan minat dan pikiran saya.
Untuk itu, saya sangat merekomendasikan Youthmanual Explorer untuk murid SMA terutama kelas 11 atau 12. Lebih cepat kamu mengenali diri, maka kamu dapat mempersiapkan masa depanmu dengan lebih baik. Dengan paket seharga Rp79.000, you will get a VERY WORTH IT result. Kamu juga bisa mendapatkan diskon 10% dengan memasukkan kode KEJARMIMPI10.
Untuk menunjang pembelajaran di sekolah atau kampus, saya juga merekomendasikan teman-teman semua untuk menggunakan Acer One 14 (L1410). Laptop ini cocok untuk menemani aktivitas harian siswa atau mahasiswa dalam melakukan pembelajaran maupun hal lainnya seperti entertaiment. Kapasitas penyimpanannya cukup besar, daya tahan baterai bisa sampai 9 jam, desainnya tipis dan elegan, bahkan laptop ini bisa menjadi powerbank untuk gadget kamu tanpa harus menyalakan laptopnya. Selain itu, laptop ini sangat bersahabat dengan budget pelajar seperti kita, lho.
Jadi, ayo kenali dirimu dari sekarang! Jangan lupa untuk membuat perencanaan yang baik untuk mengejar mimpimu. Seperti yang dikatakan Lao Tzu, seorang ahli filsafat, “Knowing others is wisdom, knowing yourself is enlightenment”.
Happy exploring yourself, fellas!








2 komentar:

Unknown said...

penyajiannya bagus

Unknown said...

keren artikelnya kak...
Btw baca juga mengenai :
Jurusan SNMPTN Yang Jarang Diminati

Post a Comment