Pages

Thursday, January 5, 2017

Kapur yang Berasap

Well, gue adalah anak boarding. Judulnya sih ‘MAN’ , bukan ‘pesantren’. Jadi sistemnya agak beda. Oke, intinya sekolah berasrama itu ya jarang main ke ‘dunia luar’. Palingan beberapa minggu sekali baru ada izin keluar. Itu pun kalau dapet :’). Sekarang lagi liburan semester, dan artinya bisa main di luar. Lanjut, gue sebenernya cuma mau cerita apa yang gue rasain hari ini aja.
Kebetulan gue lagi jalan-jalan di Bandung. ‘Jalan-jalan’ ini dal
am artian gue bener-bener jalan dari satu kompleks toko ke kompleks toko lain. Mostly gue lewat emperan toko gitu, yang mana jalannya lumayan sempit karena banyak orang yang jualan dan ada dua arus orang jalan yang berlawanan.  Awalnya gue biasa aja. Tapi lama-lama gue merasa gak nyaman pas lagi jalan. Kenapa? Di mana-mana orang NGEROKOK. Bayangin aja dalam keadaan sempit begitu, ada orang yang lagi duduk-duduk, abang-abang yang jualan, ataupun orang yang lewat ,ngerokok dan menghembuskan asapnya ke mana-mana. Terus gue ke suatu tempat perbelanjaan gitu (bukan mall). Kan jalan di dalemnya lumayan sempit gitu juga. Ada lagi yang ngerokok dengan innocent-nya. Udah weh, sambil jalan sambil ngerokok dan…..fyuhhhhhh asap rokoknya nyebar ke mana-mana. Orang-orang di belakangnya kena. Dan sialnya orang-orang itu bukan perokok.
Oke, mungkin sebenernya itu biasa aja. Tapi bagi gue yang jarang merasakan ‘dunia luar’, yang biasanya menjalani hidup secara ‘ideal’ dimana di lingkungan asrama ga ada yang ngerokok dan asap kendaraan ga parah-parah banget, IT WAS SO ANNOYING. Udah cukup lah asap kendaraan plus asap abang-abang bakar sate, ini ditambah lagi asap rokok.
Gue sebenernya heran aja sih sama orang yang ngerokok. APA ESENSINYA???? Bener-bener kayak cuma bakar duit doang. Apalagi dari yang gue liat, orang-orang yang ngerokok itu golongan menengah ke bawah. Bahaya rokok tuh harus diiklanin kayak apa lagi? Gak cukup apa di bungkus rokoknya udah diliatin paru-paru yang borokan, atau apalah itu. Oke lah kalo bahaya rokok cuma buat si perokok doang, gue gak akan sesebel ini. Kasian orang orang yang ga ngerokok, alias perokok pasif, yang berpeluang besar jadi korban. Ya bayangin aja, asap rokok itu merupakan aerosol padat (sorry, malah nyambung ke bab koloid :v). Berarti, bakal ada partikel-partikel zat padat yang terdispersi dalam gas. Partikel-partikel itu amat sangat kecil, dan bakal kehirup juga kalo lu ngehirup asap itu. Terus, kalo kehirup gimana? Yaudah partikel-partikel yang pastinya gak baik buat kesehatan itu bakal ngendep di paru-paru. Bisa juga di kulit, mungkin. *hanya analisis pribadi*
Dear smokers, please, sadar dong. Kenikmatan yang mungkin didapet pas ngerokok itu Cuma sementara. You may say “what’s the matter? I’m fine” for now, tapi liat aja 10 tahun ke depan. Terserah aja sih sebenernya, kecuali kalo emang mau menghabiskan sisa umur dengan kondisi ga berdaya, duit abis buat berobat, dan paru-paru yang bentuknya udah gak jelas. Apalagi buat anak-anak muda, please, hidup lu masih panjang.
Dear smokers, kalo emang mau ngerokok, liat-liat tempatnya juga kali. Ga usah bagi-bagi penyakit. Ga usah nambah-nambahin polusi. Banyak orang-orang yang masih mau hidup sehat. Intinya jangan ngerokok di tempat umum.
Yaudah sih gitu aja. Tulisan ini hanya luapan emosi belaka. Buat yang baca (kalo ada), sorry kalo abis baca ini nyesel karena isinya marah-marah :v. Hopefully, orang-orang makin sayang sama badannya sendiri, sayang duit, dan juga sayang sama orang-orang di sekitarnya. 

tanggal asli: 03/06/17

0 komentar:

Post a Comment